Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Minggu, 12 Maret 2017

1.Penjelasan mengenai pengertian interaksi manusia dan komputer !

Pada Interaksi Manusia dan Komputer atau HCI (Human Computer Interaction) ini cakupan atau fokus perhatiannya lebih luas, tidak hanya berfokus pada rancangan antarmuka saja, tetapi juga memperhatikan semua aspek atau disiplim ilmu yang berhubungan dengan interaksi antara manusia dan komputer. HCI ini kemudian berkembang sebagai disiplin ilmu tersendiri (yang merupakan bidang ilmu interdisipliner) yang membahas hubungan tirnbal balik antara manusia-komputer beserta efek-efek yang terjadi diantaranya adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna computer agar mudah digunakan oleh manusia.

Interaksi adalah komunikasi antara user dengan komputer, dapat secara langsung maupun tidak langsung. Komputer adalah teknologi dari desktop sampai sistem komputer besar, system pengontrolan proses atau sistem embedded.

Sedangkan Interaksi Manusia dan Komputer itu sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka (interface) untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Tujuannya adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Beberapa aspek yang menjadi focus dalam perancangan sebuah antarmuka ialah :

Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka
Metode implementasi antarmuka
Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka
Pengembangan antarmuka baru
Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru

2.Apa yang mendasari munculnya mata kulih IMK?
Yang mendasari mata kuliah ini adalah bagaimana membuat/merancang suatu antarmuka bagi aplikasi yang ‘user friendly’. Salah satu kriteria yang harus dimiliki oleh aplikasi yang ‘user friendly’ adalah mempunyai antarmuka yang:
§  Enak dilihat
§  Mudah dioperasikan
§  Mudah dipelajari
§  User merasa senang menggunakan/menjalankan

Untuk membuat antarmuka yang memenuhi kriteria di atas, maka sistem harus dapat menangani piranti-piranti yang terhubung dengan sistem, misalnya piranti masukan (keyboard, mouse, dll), dan juga piranti keluaran, misalnya layar dan printer.
3.Jelaskan tentang disiplin ilmu apa saja yang terlibat dalam IMK  dan jelaskan keterlibatannya!
IMK merupakan subyek multi disiplin yang melibatkan berbagai bidang ilmu. Yang terkait dengan IMK :

Psikologi dan ilmu kognitif yang memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user , kognitif, kemampuan memecahkan masalah .
Ergonomi yang memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan / karateristik fisik user.
Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
Ilmu Komputer dan teknik rekayasa untuk membangun teknologi yang dibutuhkan .
Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface .
Technical writing agar mampu membuat manual .

4.Berikan kesimpulan mengenai apa itu IMK berdasarkan nomor 2 & nomor 3!

Interaksi manusia dan komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. 
Terdiri dari beberapa disiplin ilmu diantaranya:

Psikologi dan ilmu kognitif, Ergonomi, Sosiologi, Ilmu Komputer dan teknik rekayasa, Bisnis, Desain grafis, dan Technical writing.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © 2014 Andika Pratama //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Dikaparadise //