Newest Post
// Posted by :Unknown
// On :Minggu, 12 Maret 2017
1.Penjelasan
mengenai pengertian interaksi manusia dan komputer !
Pada Interaksi
Manusia dan Komputer atau HCI (Human Computer Interaction) ini cakupan atau
fokus perhatiannya lebih luas, tidak hanya berfokus pada rancangan antarmuka
saja, tetapi juga memperhatikan semua aspek atau disiplim ilmu yang berhubungan
dengan interaksi antara manusia dan komputer. HCI ini kemudian berkembang
sebagai disiplin ilmu tersendiri (yang merupakan bidang ilmu interdisipliner)
yang membahas hubungan tirnbal balik antara manusia-komputer beserta efek-efek
yang terjadi diantaranya adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara
manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi
antarmuka pengguna computer agar mudah digunakan oleh manusia.
Interaksi adalah komunikasi antara user dengan komputer, dapat secara langsung maupun tidak langsung. Komputer adalah teknologi dari desktop sampai sistem komputer besar, system pengontrolan proses atau sistem embedded.
Sedangkan Interaksi Manusia dan Komputer itu sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka (interface) untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Tujuannya adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik.
Beberapa aspek yang menjadi focus dalam perancangan sebuah antarmuka ialah :
Interaksi adalah komunikasi antara user dengan komputer, dapat secara langsung maupun tidak langsung. Komputer adalah teknologi dari desktop sampai sistem komputer besar, system pengontrolan proses atau sistem embedded.
Sedangkan Interaksi Manusia dan Komputer itu sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka (interface) untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Tujuannya adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik.
Beberapa aspek yang menjadi focus dalam perancangan sebuah antarmuka ialah :
Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka
Metode implementasi antarmuka
Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka
Pengembangan antarmuka baru
Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru
Metode implementasi antarmuka
Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka
Pengembangan antarmuka baru
Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru
2.Apa yang mendasari munculnya mata
kulih IMK?
Yang mendasari mata
kuliah ini adalah bagaimana membuat/merancang suatu antarmuka bagi aplikasi
yang ‘user friendly’. Salah satu kriteria yang harus dimiliki oleh aplikasi
yang ‘user friendly’ adalah mempunyai antarmuka yang:
§ Enak
dilihat
§ Mudah
dioperasikan
§ Mudah
dipelajari
§ User
merasa senang menggunakan/menjalankan
Untuk membuat antarmuka yang memenuhi kriteria di
atas, maka sistem harus dapat menangani piranti-piranti yang terhubung dengan
sistem, misalnya piranti masukan (keyboard, mouse, dll), dan juga piranti
keluaran, misalnya layar dan printer.
3.Jelaskan tentang disiplin ilmu apa saja yang
terlibat dalam IMK dan jelaskan
keterlibatannya!
IMK merupakan
subyek multi disiplin yang melibatkan berbagai bidang ilmu. Yang terkait dengan
IMK :
Psikologi dan ilmu
kognitif yang memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user , kognitif,
kemampuan memecahkan masalah .
Ergonomi yang memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan / karateristik fisik user.
Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
Ilmu Komputer dan teknik rekayasa untuk membangun teknologi yang dibutuhkan .
Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface .
Technical writing agar mampu membuat manual .
Ergonomi yang memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan / karateristik fisik user.
Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
Ilmu Komputer dan teknik rekayasa untuk membangun teknologi yang dibutuhkan .
Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface .
Technical writing agar mampu membuat manual .
4.Berikan
kesimpulan mengenai apa itu IMK berdasarkan nomor 2 & nomor 3!
Interaksi
manusia dan komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara
manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi
antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.
Terdiri dari beberapa disiplin ilmu
diantaranya:
Psikologi dan ilmu
kognitif, Ergonomi, Sosiologi, Ilmu Komputer dan teknik rekayasa, Bisnis, Desain
grafis, dan Technical writing.
- Back to Home »
- Tugas softskill IMK »
- Tugas Softskill Interaksi Manusia Dan Komputer